PENGARUH TEMAN SEBAYA, POTENSI DIRI, HASIL BELAJAR, DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PTN

Ayu Setyadewi Triyono, Tedi Rusman, Pujiati Pujiati

Abstract


The purpose of this study is to study peer group interactions, self potential, learning outcomes and support for educational interest in public universities. This research method uses descriptive verification research design by studying ex post facto and surfey. The research was conducted at SMA Negeri 1 Sekampung Udik with 98 participants with a sample of 79 students (3 classes) determined through simple random sampling. The analysis techniques used linear Regression. The results showed there were interactions between peer groups, self potential, learning outcomes, and parent support for the interest in continuing education to PTN in class XI IPS students of SMA Negeri 1 Sekampung Udik by 30.6%.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kelompok teman sebaya, potensi diri, hasil belajar dan dukungan orangtua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto and surfey. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sekampung Udik dengan populasi berjumlah 98 siswa dengan sampel sebanyak 79 siswa (3 kelas) yang ditentukan melalui simpel random sampling. Teknik analisis menggunakan Regresi Linear. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh simultan antara kelompok teman sebaya, potensi diri, hasil belajar, dan dukungan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke PTN pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekampung Udik sebesar 30,6 %.


Kata Kunci:    teman sebaya, potensi diri, hasil belajar, dukungan

                        orangtua, dan minat melanjutkan PTN

 

 


Full Text:

PDF

References


Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional UU RI No 20 tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Hurlock, Elizabeth B. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Markum, M. Enoch. 2007. Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta:UI Press.

Rusmono, 2014, Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghaila Indonesia.

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyarto. 2010. Memberdayakan Potensi Kaum Muda. Klaten: Cempaka Putih

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi SPSS. Yogyakarta: Andi

Sunar P, Dwi. 2010. Edisi Lengkap Tes IQ, EQ & SQ. Yogjakarta: FlashBooks.

Sunarto, dkk. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaodih, Nana Sukmadinata. 2010. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wiyono, Slamet. 2006. Manajemen Potensi Diri. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F19677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.