PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, KONTINUITAS DAN FASILITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MOTIVASI

Muhammad Kevin Darel, I Komang Winatha, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of parenting system, the continuity of learning, learning facilities through  student learning motivation of eighth grade students learning outcomes. The analysis techniques used are linear Regression and Path Analysis. The research method used is descriptive verification with ex post facto approaches and surveys. The population in this study was 242 people, and the sample was 151 people. The sampling technique in this study is probability sampling using simple random sampling. The results showed that there was significant influence of parenting system, the continuity of learning and learning facilities through student learning motivation toward student learning outcomes of the eighth grade students of SMP Negeri 4 Kota Metro with 41.7%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua, kontinuitas belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Teknik analisis menggunakan Regresi Linear dan Path Analysis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif  dengan pendekatan ex post facto and survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 242 dan sampel 151 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh simultan antara pola asuh orang tua, kontinuitas belajar, fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Metro sebesar 41,7%.

 

Kata Kunci: fasilitas belajar, hasil belajar, kontinuitas belajar, motivasi belajar, dan pola asuh orang tua


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi et.al. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nugraheni, Meyda Mustika. 2013. Pengaruh Pemberian tugas Dan Kreatifitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VII SMPN 1 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendiknas20-2007StandarPenilaian.pdf

Purwanti Handayani. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kontinuitas

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F19494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.