Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model PBL, PJBL dan Discovery Learning dengan Memperhatikan Aktivitas Belajar

Nun Adiyah, Yon Rizal, Tedi Rusman

Abstract


This study aims to determine the comparison of economic learning outcomes using the Problem Based Learning, Project Based Learning and Discovery Learning learning models regarding to learning activities. The method used in this study is quasi-experimental with a comparative approach. Data collection through observation sheets, test questions and analyzed by t-test formula and ANOVA using manual calculations and SPSS. This research was conducted at SMAN 1 Sungkai Utara with a population of 4 classes and sample of 3 classes specified through Cluster Random Sampling. The results of data analysis show that F count > F table or 11.396 > 3.09 means that there are differences in economic learning outcomes between students whose learning uses the Cooperative model type Problem Based Learning, Project Based Learning and Discovery Learning and F count > F table or 47.778 > 3.09 means there is an interaction between learning model with student learning activities towards economic learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning dan Discovery Learning dengan memperhatikan Aktivitas belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data melalui lembar observasi, soal test dan dianalisis dengan rumus t-test dan ANOVA menggunakan perhitungan manual dan SPSS. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sungkai Utara dengan populasi sebanyak 4 kelas dan sampel 3 kelas yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjukkan F hitung > Ftabel atau 11,396 > 3,09 berarti Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Problem Based Learning, Project Based Learning dan Discovery Learning dan Fhitung > Ftabel atau 47,778 > 3,09berarti Ada interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi.

Kata kunci: aktivitas, discovery learning, hasil belajar, PBL, PjBL


Full Text:

PDF PDF

References


Afendi, Akhmad. 2012. Efektivitas Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kelas X SMK Diponegoro Yogyakarta. Skripsi. Program studi pendidikan matematika Fakultas sains dan teknologi Uin sunan kalijaga Yogyakarta.

Basuki, Imam 2016. Hubungan Antara Cara Belajar dan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Sekampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dirjen Dikti. 2010. Buku Pedoman Sertifikasi Pendidikan untuk Dosen Tahun 2010. Buku II Penyusun Portofolio. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Fadhila, Chusnia, Dkk .2013. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 7 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang.

Hanafiah dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Hanafiah, Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Katapena.

Riana. 2018. Model Pembelajaran Discovery Learning. From http://femisiburian.blogspot.com/2018/10/model-pembelajaran-discovery-learning/ diakses 6 Oktober 2018

Rusmiyanto. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Mojokerto. Skripsi.

Semara Putera, Ida. Bagus Nyoman, 2012. Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi SMA Ditinjau dari Intelligence Quotien (IQ). Tesis Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. (Cet. 17). Bandung.

Universitas Lampung. 2011.Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Unila. Bandarlampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F19337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.