Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Reciprocal Learning Dan CIRC Dengan Memperhatikan Motivasi
Abstract
The learning method used by the teacher will influence the way students learn which one student with another student has a different way of learning. Currently educators are constantly trying to compile and apply various varied learning models so that students are interested and enthusiastic during economic learning, one of which is Reciprocal Learning and Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). The research method used in this study is comparative research with an experimental approach. The experimental research design used in this study was a factorial design. Based on the results of data analysis and hypothesis testing, it was concluded that there were significant differences in the average economic learning outcomes of students learning using the Reciprocal Learning learning model compared to those using the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model. The average economic learning outcomes for students taught using Reciprocal Learning learning models are higher than those taught with Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning in students who have high learning motivation.
Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru akan berpengaruh terhadap cara belajar siswa yang mana antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya mempunyai cara belajar yang berbeda. Saat ini para pendidik terus-menerus berusaha menyusun dan menerapkan berbagai model pembelajaran yang variatif agar siswa tertarik dan bersemangat pada saat pembelajaran ekonomi, salahsatunyaadalahReciprocal Learning danCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Metodepenelitianyangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatifdengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian eksperimenyangdigunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial.Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa adaperbedaansignifikanrata-ratahasilbelajarekonomisiswayang pembelajarannyamenggunakanmodelpembelajaranReciprocal Learning dibandingkandenganyangmenggunakanmodelpembelajaranCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Rata-ratahasilbelajarekonomipadasiswayangdiajarmenggunakanmodel pembelajaranReciprocal Learning lebihtinggidibandingkanyangdiajardenganpembelajaranCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)padasiswayangmemilikimotivasibelajartinggi
Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), motivasibelajar, Modelpembelajaran, Reciprocal Learning,
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cetakan ke-9 Edi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Albertina, Marlay. (2011). Penerapan Model Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Madyopuro5 Kota Malang. Skripsi SI PGSD Perguruan Tinggi Malang. Tidak Diterbitkan.
Dimyati, & Mudjiyono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).
Kartika, Entang. (2008). Pengembangan Strategi Pengajaran Konsep dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Diakses dari halaman web tanggal 3 Januari 2008, pukul 20.30 WIB. dari:
http://massofa.wordpress.com/2008/01/03/pengembangan-strategi-pengajaran-konsep-dalam-pembelajaran-ips-di-sekolah-dasar-2/.
Kemmis, & Taggart. (2009). Diakses dari halaman web tanggal 8 Juni 2009, Pukul 12.30 WIB. Dari:
http://suhadinet.wordpress.com/2009/06/08/langkah-langkah-ptk-menurut-kemmis-dan-mctaggart/.
Undang-Undang No.20. Pasal 3. (2003). Pendidikan Nasional.
Permendiknas RI No. 41. (2007). Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Diakses dari halaman web tanggal 19 Agustus 2013, pukul 20.30 WIB. dari: http.www.media.diknas.go.id/media/document/3553.ppt.
Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara Sumaatmadja, Nursid. (2011). Pengantar Studi Sosial. Bandung: Alumni.
Macdonald,& Tanner. (1980). Pengertian Kurikulum. Diakses dari halaman web tanggal 6 Desember 2009, Pukul 19.20 WIB. dari: https://www.google.com.sg/search?q=buku+kurikulum+Macdonald+dan+Tanner+&oq=buku+kurikulum+Macdonald+dan+Tanner+&aqs=chrome..69i57.53636j0j8&sourceid=chrome&es_sm=93&ie=UTF-8.
Munawaroh, Hopipah. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa tentang Peninggalan Sejarah Indonesia Melalui Model Cooperatif Learning tipe Examples Non Examples di Kelas IV SDN Parakan 1. Kecamatan Semarang. Kabupaten Garut.
Olivia, (2009). Pengertian Kurikulum. Diakses dari halaman web tanggal 16 Desember 2009, Pukul 10.15 WIB. dari:
http://zanikhan.multiply.com/journal/item/1518.
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Wardhani, Igak. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Universitas Terbuka
Winataputara, & Udin, S., Dkk. (2009). Pokok Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F19082
Refbacks
- There are currently no refbacks.