Pengaruh Metode SQ3R, Efikasi Diri, Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar dengan Kecerdasan Adversitas
Abstract
The research aims to determine the effect of SQ3R method, self-efficacy, and learning creativity on learning outcomes of integrated social science with adversity intelligence as moderating. The population in this research is all students at the eighth grade in JHS 3 Natar which with the total of 160 students and a sample of 114 respondents. This research used descriptive verification method with ex post facto and survey approach. Data collection was done by using quistionnaire of analysis technique by linear regression and path analysis. The result of the analysis showed that there is a significant effect of SQ3R method, self-efficacy, and learning creativity on learning outcomes of integrated social science with adversity intelligence as moderating by 69.2%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R, efikasi diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu dengan kecerdasan adversitas sebagai pemoderasi. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar sebanyak 160 siswa dan sampel sebanyak 114 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilkukan dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis menggunakan regresi linier dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh metode SQ3R, efikasi diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu dengan kecerdasan adversitas sebagai pemoderasi sebesar 69,2%.
Kata kunci: efikasi diri, hasil belajar IPS Terpadu, kecerdasan adversitas, kreativitas belajar, metode SQ3R
Full Text:
PDFReferences
Alwisol, 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Djaali. 2008. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
L. Feltz, D., dan D. Lirgg, C. 2001. Self-efficacy Beliefs of Athletes, Teams, and Coaches. (online): http://web.cfa.arizona.edu/sites/jsr/wpcontent/docs/SelfEff icacyandTeachingEffectivness.pdf, diakses pada Minggu 3 Maret 2019. 23 : 28 WIB.
Munandar, Utami. 2006. Kretifitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat: Jakarta: Gramedia.
Puspitasari, RT. 2013. Adversity quotient dengan kecemasan mengerjakan skripsi pada mahasiswa. Jurnal Online Psikologi Vol. 01 No. 01.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosda Karya.
Uno, Hamzah B & Masri Kuadrat Umar. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F19014
Refbacks
- There are currently no refbacks.