PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN, KREATIVITAS, KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR

Havi Nata Tamara, Yon Rizal, Erlina Rufaidah

Abstract


This research is motivated by the low student learning outcomes. The purpose of this study was to determine the effect of learning independence, the use of instructional media, creativity, and emotional intelligence on the learning outcomes of XI IPS class students at Xaverius High School. The method used in this study is descriptive verification, the population in this study amounted to 72 students. Data collection was done by distributing questionnaires to 72 students. The results of this study indicate that there are influences 1. Partial independence of learning towards learning outcomes, 2. Partial use of learning media on learning outcomes, 3. Partial creativity towards learning outcomes, 4. Partial emotional intelligence on student learning outcomes. 5. Simultaneous learning independence, the use of learning media, creativity, and emotional intelligence on learning outcomes.

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, pemanfaatan media pembelajaran, kreativitas, serta kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Xaverius. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif, populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuisioner kepada 72 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh 1. Parsial kemandirian belajar terhadap hasil belajar, 2. Parsial pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar, 3. Parsial kreativitas terhadap hasil belajar, 4. Parsial kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa. 5. Simultan kemandirian belajar, pemanfaatan media pembelajaran, kreativitas, serta kecerdasan emosional terhadap hasil belajar.

 

Kata kunci: Creativy, emotional intelligence, learning independece, learning outcomes, utilization of learning media,


Full Text:

PDF

References


Ali, M. & Asrori, M. 2009.Psikologi Remaja, Perkembangan, Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Basir, La Ode. 2010. Kemandirian Belajar atau Belajar Mandiri. (Diakses dari http://www.smadwiwarna.net/website/data/artikel/kemandirian.htm/ tanggal 6 Februari 2019)

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Conny R. Semiawan. 2009. Kreativitas Keberbakatan. Jakarta: Indeks

Cooper, R.K dan Sawaf, A. 2010. Executive EQ Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi (terjemahan oleh Widodo). Jakarta: Gramedia Pustaka.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta:Gava Media

Kurniawati, Atin,dkk. 2017. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora Vo. 8, No.2.

Mustakin. 2008. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar Pendidikan

Munandar, S.C. Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta. Jakarta.

Nurcahyo,Prasetyo Adhi. 2014.Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil belajar IPA.Diunduh dari

https://www.researchgate.net/publication/324134466_PENGARUH_KEMANDIRIAN_BELAJAR_TERHADAP_HASIL_BELAJAR_IPA, pada 1 Februari 2019

Suhendri, Huri dan Mardalena, Tuti. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif, 3(2): 105-114.

Utami, Nining. 2014. Pengaruh Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Ips Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Girimarto Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, UMS

Walneg S. Jas. 2010. Wawasan Kemandirian Calon Sarjana.Jakarta: Rajagrafindo Persada

Widyaningsih, Woro (2012) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate Thesis, Unimed

Yusmanida, Datuk Eka. 2014. Pengaruh Gaya Belajar, Kreativitas dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Piri I Yogyakarta. Diunduh dari https://eprints.uny.ac.id/44678/1/PRASETYO%20ADHI%20NURCAHYO_12503241006.pdf, pada tanggal 1 Februari 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.