STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TPS DAN DISKUSI KELOMPOK

Dewi Fatimah, Nurdin Nurdin, Darwin Bangun

Abstract


This research is aimed to determine the effectiveness of the application of Think Pair and Share learning method and Diskusi Kelompok. The method used in this study is quasi-experimental. To the hypothesis 1 and 4 using two-way analysis of variance formula and test hypothesis 2 and 3 using T-test two independent samples. Based on data analysis results: (1) There are differences in economic study result of students learning to use the method of the Think Pair and Share and Diskusi Kelompok, (2) The average result of the economic study on students who have a low prior knowledge to use the Think Pair and Share method of higher learning than the use Diskusi Kelompok, and (3) The average results of the economic study on students who have a high prior knowledge using Think Pair and Share method of higher learning than the use Diskusi Kelompok. (4) There is no interaction between the learning method with students prior knowledge on economic study result.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Think Pair and Share dan Diskusi Kelompok. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengujian hipotesis 1 dan 4 menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan hipotesis 2 dan 3 menggunakan T-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan Think Pair and Share dibandingkan yang menggunakan diskusi kelompok. (2) Hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan Think Pair and Share lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan diskusi kelompok. (3) Hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan Think Pair and Share lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan diskusi kelompok. (4) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal siswa.


Kata kunci: hasil, tps, dk, ka


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono.2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hartina. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Skripsi. Jurusan Kimia FMIPA, UNM.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.

Jihad,Asep, dan Haris Abdul. 2009 Evaluasi Pendidikan. Malti pressiado: yogyakarta.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Contextual (Contectal Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sukardi.2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F1853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.