PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, GAYA BELAJAR, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU
Abstract
The study aims to know the influence of learning Readiness, learning style, and the efficacy of self-learning outcomes of IPS integrated students grade VII SMP Negeri 1 Bengkunat year lesson 2018/2019. The method used in this study is a veraticised deskriftif with an ex post facto approach and a survey. The population in this study was a class VII student of three classes with a total of 70 students with a sample of 60 students. The sampling technique in this study is probability sampling simple random sampling using the formula Slovin. The results showed that, there was both partially and multiple a learning readiness readiness, learning style, and self-efficacy towards the learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar, gaya belajar, dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bengkunat Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak tiga kelas dengan jumlah seluruh siswa yaitu 70 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling yaitu simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh baik secara parsial maupun multiple kesiapan belajar, gaya belajar, dan efikasi diri terhadap hasil belajar.
Kata kunci : Efikasi diri, gaya belajar, hasil belajar, dan kesiapan belajar.
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. 2008. Tes Prestasi : Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baron, R A. Byrne, D. 2010. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. 2016. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Lonanda Sovia, Yolamalinda, dan Stevani. 2017. Pengaruh Kesiapan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Peranan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas IPS Di SMA PGRI 4 Padang. Journal of Economic and Economic Education Vol.5 No.2 (178-190).
Nasution, S. M.A. 2011. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan mengajar. Jakarta: P.T Bumi Aksara.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2016 Pasal 10 Ayat 1 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Sihaloho Lasmita, Rahayu Agus, Adi Wibowo Lili. 2018. Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Volume 2, No. 1, Februari 2018: Page 1-9.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sinta Vovi B. 2017. Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1 No 1, Februari 2017: Page11-20.
Suyono, Akhmad. 2018. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 6 No 1 (2598-3253).
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18529
Refbacks
- There are currently no refbacks.