PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DAN PBL MEMPERHATIKAN KREATIVITAS

Ichsanti Isnaini Anisa, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


The purpose this research was to find out the difference of Integrated IPS study results with taught using Mind Mapping and Problem Based Learning by attention students creativity. The method used is a quasi-experimental method. The study population is all students of class VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung consisting of 11 classes with 350 students. The sampling technique is done by cluster random sampling get the samples with 63 students. Data collecting technique used in this research was questionnaire, test questions, and analysed by using t-test formula and ANOVA manually and SPSS. The results of analysis showed Fcount > Ftable or 5.923> 4.00 which means there is difference study results thought Mind Mapping and Problem Based Learning dan Fcount > Ftable or 28.031 > 4.00 which means there is a learning model have interaction with creativity.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan hasil belajar IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan Problem Based Learning dengan memperhatikan kreativitas siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung yang terdiri dari 11 kelas sebanyak 350 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 63 siswa. Pengumpulan data melalui lembar angket, soal tes dan dianalisis dengan rumus t-test dan ANAVA menggunakan perhitungan manual dan SPSS. Hasil analisis data menunjukan Fhitung> Ftabel atau 5,923> 4,00 berarti ada perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan Problem Based Learning dan Fhitung> Ftabel atau 28,031 > 4,00 berarti terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas.

Kata kunci: Hasil Belajar, Kreativitas, Mind Mappinig, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Ana, Risa Octa. 2013. Studi perbandingan hasil belajar ips terpadu antara pembelajaran model mind map dan model group investigation (gi) dengan memperhitungkan sikap siswa terhadap mata pelajaran ips terpadu. (skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima.

Buzan, Tony. 2010. Buku pintar mind. Gramedia: Jakarta.

Djamarah, Zain. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hosnan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khairiah, Miftahul. 2015. Studi perbandingan hasil belajar ips terpadu siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan project based learning dengan memperhatikan motivasi belajar siswa kelas vii smpn 2 metro. (Skripsi). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Silberman, Melvin L. 2013. Active learning 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nusamedia & Nuansa Cendekia.

Munandar, Utami. 2009. Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sapriya. 2014. Pendidikan ips. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sistari. 2018. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar ipsterpadusiswa kelas vii smp xaverius gunung batin terusan nunyai kabupaten lampung tengah 2017/2018. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Slameto. 2013. Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Taufiq, M.A. 2009. Inovasi pendidikan melalui problem based learning: bagaimana pendidik memberdayakan pembelajaran di era pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto, 2009. Mendesign model pembelajarana inovatif progresif. Jakarta: Kencana.

Wiryadi dan Ni Ketut. 2010. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) terhadap hasil belajar kimia dengan mempertimbangkan kreativitas siswa. jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran ganesha. Online https://www.neliti.com. Diakses 3 Maret 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.