PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ), EMOTIONAL QUOTIENT (EQ), MEDIA PEMBELAJARAN, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU
Abstract
The research aims to determine the effect of cooperative learning models
numbered heads together (NHT) type, intelligence quotient (IQ), emotional quotient (EQ), learning media, and learning discipline on the learning result of social sciences integrated subjects. This research used experiment and associative method with ex post facto and survey approach. The population in this research is all 156 students at the eight grade in SMPN 3 Natar, South Lampung and 114 as the respondents. Data collection samples used was done through observation, test, quistionnaire and documentation. Analysis technique was done by liniear regression and path analysis. The analysis showed that learning result of social sciences integrated subjects is influenced by any variables of 85% and the remaining 15% is influenced by other factors which are not examined in this research.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe kooperatif Numbered Heads Together (NHT), Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), media pembelajaran dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode eksperiman dan assosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar, Lampung Selatan dengan jumlah sebanyak 156 siswa dan sampel sebanyak 114 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan regresi liniear dan path analysis. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa hasil belajar ips terpadu dipengaruhi oleh model pembelajaran tipe kooperatif Numbered Heads Together (NHT), Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), media pembelajaran dan disiplin belajar sebesar 85% dan sisanya 15% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Emotional Quotient (EQ), Intelligence Quotient (IQ), Media pembelajaran disiplin belajar dan hasil belajar IPS Terpadu, Model Pembelajaran tipe Kooperatif Numbered Heads Together (NHT).
Full Text:
PDFReferences
Arsyad,Azhar. 2011.Media pengajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada
Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Suprijono.2017. Cooperative Learning.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah UniversitasLampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18307
Refbacks
- There are currently no refbacks.