PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, CARA BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA MELALUI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Selvia Viany Putri, Tedi Rusman, Tedi Rusman, Rahmah Dianti Putri, Rahmah Dianti Putri

Abstract


 

The purpose of this study was to determine the effect of student perceptions about how to teach teachers, ways of learning and parental attention through learning motivation towards Integrated Social Studies learning outcomes VII grade students of Odd Semester 19 SMP Negeri Bandar Lampung T.P 2018/2019. The population in this study were seventh grade students of 19 SMP Bandar Lampung with a total of 123 students. Using the T Yamane formula with simple random sampling obtained a sample of 94 students. The method used in this study is descriptive verification with ex post facto approaches and surveys. Data collection techniques used were observation, interviews, questionnaires and documentation. Hypothesis testing is done by T test and F test. The results of the analysis show that there is influence of teacher teaching methods, ways of learning and attention of parents through learning motivation towards integrated IPS learning outcomes with a level of determination of  0.547.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang cara mengajar guru, cara belajar dan perhatian orang tua melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung T.P 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 19 Bandar Lampung dengan jumlah keseluruhan 123 siswa. Menggunakan rumus T Yamane dengan simple random sampling diperoleh sampel sebanyak 94 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis di lakukan dengan uji T  dan uji F. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh cara mengajar guru, cara belajar dan perhatian orang tua melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar ips terpadu dengan kadar determinasi 0,547.

 

Kata Kunci : cara belajar, hasil belajar, mengajar, motivasi belajar, perhatian 

                       orang tua

 


References


Djamarah, Syaiful Bahri dan Asman Zain. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Reieka Cipta. Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Website.

Giri Eko Setyomukti “ PENGARUH CARA MENGAJAR GURU, KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN SUASANA BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PLC DI SMK MUDA PATRIA KALASAN “ eprints.uny.ac.id (jurnal nasional,13 September 2018).

Mawarmerahmawarmerah.blogspot.com,perhatian orang tua .




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.