PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN PBL DAN PJBL DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SEBAGAI PEMODERASI
Abstract
The purpose of this study was to compare the economic learning outcome using Problem Based Learning and Project Based Learning learning models with moderating learning activities. The study was experiment study with comparative approach. The population of this study was all 67 students from all eleventh grade social students of senior high school 4 in Bandar Lampung. The hypothesis testing used two-way variance analysis with data analysis which showed that there are differences in the average economic learning outcomes of students using PBL learning models with PjBL learning models, and there are interactions between learning models and learning activities on economic learning outcomes.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning dengan aktivitas belajar sebagai pemoderasi. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 4 Bandar Lampung yang berjumlah 67 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian dua jalan dengan analisis data yang menunjukkan bahwa, ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa menggunakan model pembelajaran Problem based learning dengan model pembelajaran Project based learning, serta ada interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi.
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Project Based Learning.
Full Text:
PDFReferences
Annisa, Zulistya. 2016. Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Yang Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Dengan Memperhatikan Kecerdasan Adversitas Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dwidinanti, Erine Lady. 2019. Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick, Snowball Throwing dan Word Square dengan Memperhatikan Aktivitas Belajar Di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Hermawan, Endang dan Lulu Rahayu. 2015. Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal. Cirebon. Unswagati.
Ningrum, Herlina Oktavia. 2016. Studi Perbandingan Hasil Belajar Kewirausahaan Antara Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PBL dan Tipe GI Dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas XI SMK Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Widyantini. 2014. Laporan Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPTK.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18223
Refbacks
- There are currently no refbacks.