HASIL BELAJAR IPS TERPADU MENGGUNAKAN PNP DAN CRH DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MINAT BELAJAR

Ardianing Tyas Tami, Pujiati Pujiati, Rahmah Dianti Putri

Abstract


The aim of this study was to determine the comparison of students’ achievement of social studies using Picture and Picture and Course Review Horray model consider to the students’ learning interest. This study used comparative method with experimental approach. The population of this study was all the eighth grade students at SMP Negeri 1 Gunung Pelindung. The researcher used saturation sampling in determining the sample, the total number of students was 45 students. The data collection used were observation, questionnaire, and test. The results showed there was difference of students’ achievement between students who have taught by using PnP model and the students who have taught by using CRH model, and there was an interaction between PnP and CR with students’ learning interest.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model Picture and Picture dan Course Review Horay dengan mempertimbangkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Pelindung. Penentuan sampel menggunakan metode sampling jenuh, yaitu sebanyak 45 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model PnP dibandingkan dengan model CRH, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar.

 

Kata kunci: Course Review Horay, Hasil Belajar, Minat Belajar Siswa, Picture and Picture


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. KurikulumdanPembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsari, Marta Indri. 2017. Use Of Picture And Picture Method In Increasing Ability Of Sunware Students. Journal of Elementary Education: Bandung.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Marliyah. 2015. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Kelas IV SDN Muara Putih Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2014/2015.

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur, Malechah. 2011. Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horey (CRH) dan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan LKS Pada Siswa Kelas VII Semester II SMPN 2 Sayung Demak: Jawa Tengah.

Purwanto. 2010 Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusmiati. 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi: OKU Timur Sumatera Selatan.

Sari, Novita. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Adabiah: Padang.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.