PERBANDINGAN LIFE SKILL DITINJAU DARI MODEL CO-OP CO-OP DAN THREE STEPS INTERVIEW

Lutfi Arhammuddin, Nurdin Nurdin, Tedi Rusman

Abstract


Perbandingan Life Skill Ditinjau Dari Model Co-op Co-op Dan Three Steps Interview

 

 

Lutfi Arhammuddin, Nurdin dan Tedi Rusman

Pendidikan Ekonomi PIPS FKIP Universitas Lampung

Jalan Prof.Dr.Soemantri Brojonegoro No. 01 Bandar Lampung

 

This study investigates life skills comparison between students who learn using Co-op Co-op models and Three Steps Interview by considering students' self-concept  at Grade X SMK Negeri 1 Seputih Surabaya Year 2018/2019. The purpose of this research is to find out the differences between life skill and the interaction of learning model and students’ self-concept. The methods used in this study is comparative experiment. The population this research is 96 student with 64 students as the sample. The technique of this research is Clusters of Random Sampling. The data retrieved from observation and questionnaire. Hypothesis testing using two way variant analysis and two independent sample t-test.

 

Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan life skill antara model pembelajaran co-op co-op dan three steps interview dengan memperhatikan konsep diri pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Seputih Surabaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan life skill serta interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 96 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen.

Kata Kunci : life Skill, co-op co-op, three steps interview, konsep diri


Full Text:

PDF

References


Anwar . 2012 . Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) . Bandung : Alfabeta.

Delors, Jacques.1996.”Learning”: The Treasure Within, Report To UNESCO Of The International Commission On Education For The Twenty-First Century. Paris : UNESCO Publishing.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002 . Kamus Besar Bahasa Indonesia , Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo . 2003 . Pendidikan dan Perilaku Kesehatan . Jakarta : PT Rineka Cipta.

Pujiati.2013. Pengaruh Kualitas Pembelajaran, Iklim Akademik, Konsep Diri, dan Kompetensi Akuntansi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Pend Ekonomi di Beberapa LPTK di Prov.Lampung.Desertasi: UPI Bandung.

Slameto . 2015 . Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya . Edisi Revisi.Jakarta: Rineka Cipta.

Solihatin, Etin . 2008 . Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran IPS.Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono . 2008 . Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

World Health Organization. 1947. www.who.int.(Diakses Tanggal 22 Mei 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.