PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT, TPS, DAN MAM

Eva Anisa, Nurdin Nurdin, Pujiati Pujiati

Abstract


The study aims to find out the comparison between the economy learning results using Numbered Head Together, Think Pair and Share, and Make a Match learning model at the eleventh grade ISOS of SMA Negeri 1 Purbolinggo academic year of 2018/2019. The population in this research is all of the eleventh grade ISOS which consists of 140 students and the sample is 104 students taking by using cluster random sampling. The technique analysis was done by using one way anova, tukey test and bonferroni. The research method used in this research is quasi experiment method with comparative approach. The results showed that there is differences between the economy learning results using Numbered Head Together, Think Pair and Share, and Make a Match.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Think Pair and Share (TPS), and Make a Match (MaM) pada siswa kelas XI ISOS di SMA Negeri 1 Purbolinggo. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI ISOS berjumlah 140 siswa dan sampel berjumlah 104 siswa dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis ini menggunakan analisis varian satu jalan dan uji lanjut tukey test dan bonferroni. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, Think Pair and Share, dan Make a Match.

Kata kunci: Hasil belajar, Ekonomi, Numbered head together, Think pair and   share, Make a match.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B. 2015. Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Huda, M. 2017. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marwan, M., & Novieza. 2016. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X MAN X Kota Singkarak. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Volume 3 Nomor .

Pakpahan, M., & Riwayati. 2016. Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran numbered head together (NHT) dengan think pair and share (TPS) pada materi ekosistem di Kelas VII. Jurnal Pelita Pendidikan Vol.4 No.2 , 91.

Rusman. 2014. Model-model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2017. Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: PT Karisma Putra Utama.

Sanjaya, W. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV. Alfabeta

Susanto, A. 2013. Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Sinaga, E & Tobing, L. 2015. Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dan make a match (MaM) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di Kelas X SMA Negeri 6 Medan T.P 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 3 No.4

Tokan, P. R. 2016. Manajemen penelitian guru. Jakarta: PT. Grasindo.

Yulhendri, S. 2016. Pendidikan ekonomi untuk sekolah menengah perencanaan, strategi, dan materi pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.