PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT, ST, DAN TS

Putri Lestari Mangunang, Yon Rizal, Erlina Rufaidah

Abstract


This study aims to compare the results of economic learning among students who were taught using the Number Head Together (NHT) learning model, Snowball Throwing (ST), and Talking Stick (TS). This is a quasi-experimental study. The population of this study was 376 students of x grade at SMAN. 1 Pesisir Tengah from eleven classes, academy year 2018/2019. The sampling was done through cluster random sampling technique amount 75. The hypothesis testing used one-way tukey and benferroni analysis variant. The results showed there was a difference in the average student learning outcomes between those learning using cooperative learning models Number Head Together (NHT), Snowball Throwing (ST) and Talking Stick (TS).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT), Snowball Throwing (ST), Talking Stick (TS). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Tengah pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Populasi tersebut terdiri dari 11 kelas sebanyak 376 siswa dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling yang berjumlah 75. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians satu jalan dan uji lanjut tukey dan benferroni. Hasil penelitian menunjukkan ada  perbedaan  rata-rata  hasil  belajar  siswa  antara  yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT), Snowball Throwing (ST) dan Talking Stick (TS).

 

Kata kunci : Ekonomi, hasil belajar, number head together, snowball throwing, dan talking stick.


| Abstract views: 68 | PDF views: 15

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B. 2010. Guru dan anak dalam interaksi edukatif (suatu pendekatan teoritis psikologis). Jakarta: Rineka Cipta.

Djaramah, S. B., & Zain, A. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. 2013. Cooperatif learning. Bandung: Alfabeta.

Isjoni, & Ismail, M. 2008. Model-model pembelajaran mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kokom, & Komalasari. 2013. Pembelajaran konstekstual, konsep dan aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Priyatno. 2013. Kaidah keilmuan pendidikan dalam belajar dan 7 pembelajaran jilid 2. Padang: UNP Press.

Sugiyono. 2012. Metode kuantitatif, kualitatif dab R & D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2009. Cooperative learning dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F18162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.