Perbandingan Keterampilan Sosial Siswa Menggunakan Model Time Token dan Snowball Throwing

Mustofiarudin Mustofiarudin, Nurdin Nurdin, Rahmah Dianti Putri

Abstract


The purpose of this research is to find the differences of social competence towards the learning model. The methods used in this research is experimental research method with comparative
approach. The population of this research is 135 students with 68 students as the sample. The technique of the research is Cluster Random Sampling. The data was collected by the observation. Hypothesis testing was done by two sample independent t-test formula. The result of the analysis indicates: (1) there are social competence differences in the students who learn using cooperative learning model - time token type model compared to those who learn using cooperative model - snowball throwing type, and (2) the social competence of the students who
warn using time token learning model was higher compared to using snowball throwing by considering the ability to share information, talk in turns, give opinion, work together, help one another, solve problems by discussion, and accept/respect others.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial terhadap model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini 135 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukan (1) Terdapat perbedaan keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing. (2) Keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran time token akan lebih tinggi dibandingkan menggunakan snowball throwing dilihat dari kemampuan berbagi informasi, berbicara secara bergiliran, menyampaikan pendapat, bekerja sama, saling menolong, menyelesaikan masalah dengan berdiskusi, dan menerima/respek terhadap pendapat orang lain.

Kata kunci: Keterampilan Sosial, Time Token, Snowball Throwing


Full Text:

PDF

References


Antari, N. M. D., Agustini, K., dan Divayana, D. G. H. 2016. Studi Komparatif Model Pembelajaran Talking Stick Dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Seririt Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13 (2): 127-136.

Depdiknas. 2001. Sistem Penilaian Kelas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yahya, M, N., Pramukantoro, J. A. 2013. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah di SMKN 2 Surabaya. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, hal 95-103.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.