PENGARUH EFIKASI DIRI, KREATIVITAS, CARA BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of self-efficacy, creativity, and the learning methods to the learning independence through motivation in economic course in the 10th grade of social students in SMA Negeri 1 Palas academic year of 2018/2019. The method used in this study is descriptive verification with ex post facto and survey approaches. The population of this research consists of 137 students and 102 students as sample. The sampling technique in this research is probability sampling by using simple random sampling. The results of this research showed that there was a simultaneous influence between self-efficacy, creativity, and the learning methods to the learning independence through motivation in economic course in the 10th grade of social students in SMA Negeri 1 Palas academic year of 2018/2019. This is proved by Fcount> Ftable or 28.543> 2.70 and the significance score of 0.000> 0.05.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, kreativitas, dan cara belajar terhadap kemandirian belajar melalui motivasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palas Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 137 orang dan sampel 102 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan simpel random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh simultan antara efikasi diri, kreativitas, dan cara belajar terhadap kemandirian belajar melalui motivasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palas Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan Fhitung> Ftabel atau 28,543 > 2,70 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05
Kata kunci : cara belajar, efikasi diri, kreativitas, kemandirian belajar, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Ghufron, N., dan Risnawita, R. 2010. Teori - teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kenedi. 2017. Pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran di Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains,dan Humaniora 3 (2).
Ranti, M. G. 2017. Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1).
Nasution. 2017. Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: Kencana.
Rusman, T. 2015. Statistik penelitian aplikasi dengan SPSS. Lampung: Universitas Lampung.
Ruswanto. 2017. Pengaruh cara belajar siswa dan sikap siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas XI SMK Negeri di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang 3 (2): 2461-3961.
Sardiman, A. M. 2008. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Rress.
Fitriana, S., Ihsan, H., dan Annas, S. 2012. Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal of EST 1 (2):86 –101.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhunya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Budi, S. S., dan Widyana, R. 2012. Korelasi antara kreativitas pelajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar keterampilan elektronika di MAN 1 Wates Kabupaten Kulon Progo 2012. Insight 10 (1).
Teguh. 2012. Penerapan teori behavioural dengan teknik modeling untuk meningkatkan kemandirian belajar. E Journal Undiksa 2 (1): 1-13.
Uno, H. 2012. Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wicaksono. 2012. Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 19 (2).
Universitas Lampung. 2011. Format penulisan karya ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17721
Refbacks
- There are currently no refbacks.