Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa
Abstract
This research aims to determine the effect of service quality and school location towards the students’ satisfaction. The research method used in this research is descriptive verification method with ex post facto and survey approach. This population in this research is all students of the first grade in VHS 8 Bandar Lampung which are 390 students and a sample of 197 respondents. Data collection was done by using quistionnaire. The results showed that there is a significant effect of service quality and school location towards the student satisfaction. Based on the data analysis, it was obtained that Fcount 93,737 > Ftable 3,04 with the coefficient of determination (R2) about 0,491 which means that the students’ satisfaction was influenced by service quality and school location of 49,1% and the remaining 50,9% was influenced by other factors which were not examined in this research.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi sekolah terhadap kepuasan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Bandar Lampung dengan jumlah sebanyak 390 siswa dan sampel sebanyak 197 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi sekolah terhadap kepuasan siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 93,737 > Ftabel 3,04 dengan kadar determinasi sebesar (R2) 0,491 yang berarti kepuasan siswa dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan lokasi sekolah sebesar 49,1% dan sisanya sebesar 50,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: kualitas pelayanan, lokasi sekolah, dan kepuasan siswa
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.
Soegoto, Eddy. 2008. Menciptakan Strategi Keunggulan Bersaing Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Syukron, Amin. 2014. Pengantar Manajemen Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17410
Refbacks
- There are currently no refbacks.