PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH, MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Suhardiansyah Suhardiansyah, Yon Rizal, Tedy Rusman

Abstract


The goal of this research is to acknowledge the affect of learning environtment in school, learning motivation, and learning discipline to the learning result of integrated social science students class VIII SMP Negeri 1 Punduh Pedada year 2012/2013. The population of this research are as much as five classes with total 172 students. With utilize Slovin formula by sampling probabilty obtained 120 samples. The method that will be use in this research is verificatif research with ex post facto approach. Based on the analysis acquired the result of the research which shows that, (1) there is an affect in learning environtment to the learning result of integrated social science, (2) there is an affect of learning motivation to to the learning result of integrated social science, (3) there is an affect of learning discipline to the learning result of integrated social science, (4) there is an affect of learning environtment, learning motivation, and learning discipline to the learning result of integrated social science.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punduh Pedada Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 172 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 120 orang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa, (1) ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3) ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu (4) ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu.


Kata kunci:  lingkungan, motivasi, disiplin


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

A.M, Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Raja Grafindo. Jakarta.

Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta: 294 Hlm.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar: Bumi Aksara. Jakarta.

Rusman, Teddy. 2011. Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS. Pendidikan Ekonomi: Universitas Lampung

Rofiqoh. 2012. Presepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi FKIP Unila. Bandar Lampung.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi: Rineka Cipta. Jakarta.

Sudarmanto, R. Gunawan. 2005. Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.