Pengaruh Kesiapan, Kemandirian, Iklim Sekolah terhadap Hasil Belajar Ekonomi dengan Memperhatiakan Motivasi Belajar
Abstract
The purpose of this research is to find out the influence of readiness in learning, independence in learning and school climate on results of economic learning by students' motivation of grade XI social science at SMA N 1 Wonosobo Tanggamus academic year 2018/2019. The method used in this research was descriptive verification with ex post facto approach and survey. The population in this study were 59 students. The samples were 51 students and sampling technique is simple random sampling. The data collected were processed by path analysis. The result of research shows that there is an influence of readiness learning, independence in learning, and school climate towards results of learning economic by considering the students' motivation at the XI grade social study students of SMAN 1 Wonosobo Tanggamus academic year 2018/2019 simultaneously and partially.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar, kemandirian belajar, dan iklim sekolah terhadap hasil belajar ekonomi dengan memperhatiakan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wonosobo Tanggamus tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa. Sampel 51 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data diolah dengan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh kesiapan belajar, kemandirian belajar, dan iklim sekolah terhadap hasil belajar ekonomi dengan memperhatiakan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Wonosobo Tanggamus tahun pelajaran 2018/2019 secara simultan dan parsial.
Kata kunci: hasil belajar, kesiapan belajar, kemandirian belajar, iklim sekolah, motivasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Azwar, A. 2008. Perkembangan Kecerdasan Anak. Jakarta: Cit Prosiding WNPG VIII.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta.
Familia. 2011. Membuat Prioritas, Melatih Anak Mandiri. Kanisius: Yogyakarta.
Hadiyanto. 2009. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Hutapea, N. 2013. Peningkatan kemampuan penalaran, komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMA melalui pembelajaran generatif: UPI Bandung
Moedjiarto. 2008. Sekolah Unggul. Jakarta: Duta Graha Pustaka.
Nashar. 2008. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam KegiatanPembelajara. Jakarta: Delia Press.
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2015. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif:Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17172
Refbacks
- There are currently no refbacks.