Perbandingan Hasil Belajar dengan Model Take And Give dan Mind Mapping Mempertimbangkan Konsep Diri
Abstract
The study examines the comparison of economic learning outcomes between cooperative learning models of the Take and Give and Mind Mapping types by considering self-concept in class X Student of Public High Schools 01 of the 2017/2018 Academic Year. The purpose of this study was to determine differences in economic learning outcomes and the interaction between learning models and students’ self-concept. The method used in this study is a comparative method with an experimental approach. The study population was 230 students with a total sample of 78 students. This research technique is Cluster Random Sampling. Questionnaire data collection techniques and test techniques.
Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan hasil belajar Ekonomi antara model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dan Mind Mapping dengan mempertimbangkan konsep diri pada siswa kelas X SMA Negeri 01 Negeri Besar Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi serta interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 0 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen
Kata kunci: hasil belajar, konsep diri, take and give dan mind mapping
Full Text:
PDFReferences
Ana, 2013. Pengaruh Moderenitas Siswa dan Hasil Belajar Ekonomi, Jakarta. Bumi Terpadu.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Augustiani, 2006. Dasar-dasar Pengajaran dalam Pembelajaran. Bandung. Pustaka
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bhineka Cipta.
Djamarah, Zain. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rinika Cipta.
Hamalik, 2004. Model-model pembelajaran. Jakarta. Erlangga.
Huda, Miftahul. 2013. Model – Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran isu-isu metodia dan paradigmatic. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Mankiw, 1983. Metode-metode Pengajaran. Jakarta. Erlangga.
Mubarak, W.I. & Chayatin Nurul. 2007. Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia Teori dan Aplikasi dalam Praktik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Mukhlisin, 2014. Sudi kebutuhan dan kelangkaan kebutuhan manusia. Bandung. ITB.
Narti, Sri. 2014. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam untuk siswa. Surabay. Word Press.
Novitasari, Ria. 2012. Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Antara Pembelajaran Model Mind Mapping dan Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 9. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Qanata, Anisa Lalan. 2015. Perbedaan Penerapan Metode Take And Give Dan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VIII Di SMPN 01 Jetis Bandul. S1 Thesis, Fakultas Ilmu Sosial. Pendidikan IPS. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahmayanti, 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Take and Give. Erlangga. Word Press. Jakarta.
Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Waras.
Seprayoga, ivan. 2013. Penelitian Pendidikan. IPS Siswa Media Pembelajaran. Bandung. ITB.
Slameto, 2013. Evaluasi Pendidikan Dalam Negeri. Pt. Bumi Aksara. Jakarta.
Soemarto, Wasty. 2006.Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana. Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, 2001. Model-model Pembelajaran Kooperatif. Bandung. ITB.
Sukardi, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.
Sulastri, 2012. Psikologi Pendidikan dalam Inovasi Pembelajaran. Bandung. Alfabeta
Trianto, 2009. Mendesign Model pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: kencana.
Susanto, 2013. Model-model Pembelajaran dalam Ekonomi. Jakarta. Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F17040
Refbacks
- There are currently no refbacks.