Perbandingan Aktivitas Belajar Model Pembelajaran TGT dan TAI dengan Memperhatikan Minat Belajar
Abstract
The research have purpose to knowing comparison learning activity among students that used model learning type Team Game Tournament and students that used model type in Team Assisted Individualization with attention to student interest to learn class VIII SMP Negeri 1 Pekalongan. The method from this research is experiment cast method with approach comparative. Population in this reasearch is students in class VIII SMP Negeri1 Pekalongan, totally 188 students and sample that used are 63 half-and-half class: class VIII 3 and VIII 4 that depended through cluster random sampling techinic with accumulation data used observasion sheet and questionnaire, data that accumulat analyzed with t-test two sample independent. Analize result showed that there is comparison that Learning activity the process used study process kooperative type Team Game Tournament and type Team Assisted Individualization students class VIII SMP Negeri 1 Pekalongan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan aktivitas belajar siswa antara siswa yang menggunakan model permbelajaran tipeTeam Game Tournament dan siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization dengan memperhatikan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pekalongan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pekalongan, sebanyak 188 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 63 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VIII 3 dan VIII 4 yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan t-test dua sampel independent. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dan tipe Team Assisted Individualization pada siswa kelas VIII SMP Negeri1 Pekalongan.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Team Game Tournament, Team Asissted Individualization
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar - DasarEvaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hidayat, Irfan. 2014. Studi Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Yang Pembelajarannya Menggunakan Model Team Games Tournament (Tgt) Dan Jigsaw Dengan Memperhatikan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS TerpaduSiswa Kelas VIII Mts Miftahul Huda Terbanggi Besar Tahun Ajaran 2014/2015. (skripsi) Unila Bandar Lampung
Kholifah, Siti Nur. 2016. Studi Perbandingan Aktivitas Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dan Scramble Dengan Memperhatikan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Belitang Tahun Pelajaran 2016/2017. (skripsi) Unila Bandar Lampung
Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers
Rusman. 2014. Modul- Modul Pembelajaran. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Grafindo
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rikena Cipta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kharisma Putra Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F16782
Refbacks
- There are currently no refbacks.