Perbandingan Life Skills Model Pembelajaran NHT dan STAD dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi
Abstract
The research have purpose to knowing comparison Life Skills among students that used model learning type Numbered Head Together and students that used model type in Student Teams Achievement Division with attention to student achievement motivation class VIII SMP Negeri 2 Metro. The method from this research is experiment cast method with approach comparative. Population in this reasearch is students in class VIII SMP Negeri 2 Metro, totally 252 students and sample that used are 63 half-and-half class: class VIII A and VIII D that depended through cluster random sampling techinic with accumulation data used observasion sheet and questionnaire, data that accumulat analyzed with t-test two sample independent. Analize result showed that there is comparison that Life Skills the process used study process kooperative type Numbered Head Together and type Student Teams Achievement Division students class VIII SMP Negeri 2 Metro.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Life skills siswa antara siswa yang menggunakan model permbelajaran tipe Numbered Head Together dan siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievment Division dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro, sebanyak 252 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 63 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VIII A dan VIII D yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan t-test dua sampel independent. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan Life skills siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan tipe Student Teams Achievment Division pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro.
Kata Kunci: Life skills, Numbered Head Together, Student Teams Achievment Division
Full Text:
PDFReferences
Huda, Miftahul. 2011. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Marsela,Yesi.2016.Perbandingan Life Skills (Kecakapan Hidup) Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Memperhatikan Motivasi Berprestasi pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung: Skripsi
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke tujuh
belas.Bandung: Alfabet
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka
______. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kharisma Putra Utama.
______ 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F16492
Refbacks
- There are currently no refbacks.