Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Mahasiswa Menyelesaikan Studi di FKIP Universitas Lampung

sudirmanto sudirmanto, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


The purpose of this research is to know of service quality on student service satisfaction at FKIP University Lampung Year 2018. The sample used is 100 students in FKIP Unila.Teknik date collection in this study is the observation, interviews and questionnaires.Hot hypothesis is analyzed by using simple linear regression and multiple linear regression.The result of data analysis shows that there is a positive and significant correlation between service quality  to student service satisfaction.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa pada FKIP Universitas Lampung Tahun 2018.Sampel yang digunakan adalah 100 mahasiswa di FKIP Unila.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara, dan angket.Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multiple. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa.

Kata kunci: kualitas pelayanan jasa,FKIP Unila dan kepuasan pelayanan mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Agung, Yuliana. 2001.Yes, I Can. Handbook for Service Excellence.

Arikunto, Suharsimi. 2006. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik.

Jakarta: RinekaCipta.

Azwarsych.2008. KarakteristikJasadanKualitasPelayanan. (Online)

(http://pasarkita.wordpress.com/2008/02/25/karakteristik-jasa-dan-kualitas-pelayanan/)

Rochaety, Etydkk. 2005. SistemInformasiManajemenPendidikan. PT.Bumi Aksara. Jakarta.

Sudarmanto, R.Gunawan. 2005. AnalisisRegresi Linear ganda dengan SPSS.Bandar Lampung: GrahaIlmu.

Sudjana. 2005. MetodeStatistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. StatistikauntukPenelitian. Bandung: alfabeta.

Tjiptono, Fandydan Anastasia Diana. 2001. Total Quality Management. PenerbitAndi. Yogyakarta.

(http://zhafachomaeni09.blogspot.com.. /2009/10/)

------. 2011. Format PenulisanKaryaIlmiahUniversitas Lampung. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

------. 2012. PengertianJasa (Online)

(http://musliadipnl.wordpress.com/2011/06/04/pengertian-jasa/. )

Despriyanti, WoroEka. 2008. PengaruhKualitasPelayananTerhadapKepuasanKonsumenpadaSiswaLembagaPendidikanPrimagamacabangKedaton Bandar Lampung TahunAkademik 2007/2008.FKIP Universitas Lampung.Skripsi.Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F16415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.