METODE MENGAJAR, PENGGUNAAN MEDIA, MINAT BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR IPS
Abstract
The purpose of this study is to determine the effect of teaching method, the use of media learning, and interest in learning on learning outcomes of students in grades VII SMP Negeri 1 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah at academic year 2012/2013. The method of this research is descriptive verifikatif with ex post facto approach. The population of this research was 226 students. With probability sampling techniques and counted with slovin formula obtained samples as many as 144 students. The first, second, and third hypothesis was tested using simple linear regression, while the fourth hypothesis using multiple linear regression. The result showed that there were a significant and positive influence in the teaching method, the use of media learning, and interest in learning on learning outcomes of students in grades VII SMP Negeri 1 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah at academic year 2012/2013.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru, penggunaan media pembelajaran, dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 226 siswa. Dengan teknikprobability sampling dan dihitung dengan rumus Slovin didapat sampel sebanyak 144 siswa. Hipotesis pertama, kedua, dan ketiga diuji menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linier multiple. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan metode mengajar guru, penggunaan media pembelajaran, dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Metode Mengajar, Penggunaan Media, Minat, Hasil Belajar
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Basrowi dan Sudjarwo. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. CV Mandar Maju. Bandung
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Jakarta
Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. PT Rineka Cipta. Jakarta
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Jakarta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. CV Alfabeta. Bandung
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. PT Rineka Cipta. Jakarta
Sutikno, Sobry dan Pupuh Fathurrohman. 2009. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. PT Refika Aditama. Bandung
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Zain, Aswan dan Syaiful Bahri Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F1626
Refbacks
- There are currently no refbacks.