Efektifitas Model Time Token, Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Life Skill
Abstract
This research is based on the low life skill of students in Integrated IPS subjects in class VIII SMP Negeri 1 Sumberejo. This study aims to compare life skill students use kind of classroom time a token and two stay two stray. The method used is quasi experiment with comparative approach. The population of this study is 6 classes with the number of samples of 2 classes (71 students).The sampling technique of this research using cluster random sampling. Technique of collecting data through observation. Hypothesis testing using t-test, two independent samples. The results of data analysis show (1) There is a difference in life skill between students whose learning using cooperative learning type of time token type with cooperative learning model type two stray two stay on Integrated IPS subjects in SMP N 1 Sumberejo. Time token cooperative learning model is more effective than two stray two stay in improving student life skill on Integrated IPS subjects in SMP N 1 Sumberejo.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya life skill siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Sumberejo. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan life skill siswa menggunakan model pembelajaran time token dan two stay two stray. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini 6 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas (71 siswa). Teknik sampling penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan model pembelajaran kooepratif tipe two stray two stay pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Sumberejo (2) Model pembelajaran kooperatif tipe time token lebih efektif dari pada two stray two stay dalam meningkatkan life skill siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP N 1 Sumberejo.
Kata kunci: life skill (kecakapan hidup), time token, two stay two stray.Full Text:
PDFReferences
Anwar. 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education. Bandung.Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fatmawati, Aan IS. 2014. Motivasi berprestasi dan motivasi berafiliasi siswa etnis tionghoa yang bersekolah di SMA Negeri 1 Tebas. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/7273/7387.
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung. Universitas Lampung
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ningrum, Ayu Reza. 2016. Studi Perbandingan Kecakapan Hidup (life skill) Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Time Token dengan Memperhatikan Teknik Penugasan Proyek dan Portofolio pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Lampung. Tersedia: www.digilib.unila.ac.id
Samani, Muchlas. 2006. Menggagas Pendidikan Bermakna Integrasi Life SkillKBK-CTL-MBS. Surabaya. SIC.
Setiadi, Elly, dkk. 2006. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F16213
Refbacks
- There are currently no refbacks.