Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan
Abstract
The purpose of this research is to know the influence of service quality dimension and location to customer satisfaction. The method used is descriptive verifikatif by using expost facto and survey approach. The population of this research is all customers who have ever done maintenance of motorcycle at Yamaha Lampung Sakti Motor workshop and the sample are 72 people in which the sampling technique that is purposive sampling. The data were collected by using questionnaires. The result of research shows that there is influence of service quality dimension and location to customer satisfaction. Based on data analysis, it is obtained by Fhitung > Ftabel or 20,966 > 2,240 which is indicated by multiple linear regression with coefficient of determination (r2) 0,659 which means customer’s satisfaction is influenced by service quality dimension (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) and location, amounted to 65,9% , the rest of 34,1% influenced by other factors.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu orang-orang yang pernah memperbaiki sepeda motor di Bengkel Yamaha Lampung Sakti Motor dan sampel 72 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan dengan diperoleh Fhitung > Ftabel atau 20,966 > 2,240 yang ditunjukkan dengan regresi linear multiple dengan koefisien determinasi (r2) 0,659 yang berarti kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh dimensi kualitas pelayanan jasa dan lokasi sebesar 65,9% , sisanya 34,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci : Dimensi kualitas pelayanan jasa, lokasi, kepuasan pelanggan.
Full Text:
PDFReferences
Ardhana, Oldy.2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Caesar Semarang) Semarang : Universitas Diponegoro.
Haromain, Imam. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di AHASS Z618 Surya Agung Motor Bangkalan Madura. Vol.5. No. 5. Surabaya: Stiesia Surabaya
Ikasari, Ajeng Utami etc. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Penumpang KA Kaligung Mas di Stasiun Poncol Semarang). Hal. 1-8. Semarang: Universita Diponegoro.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Parasuraman. 2001. The Behaviorial Consequenses of Service Quality. Journal of Marketing. Vol.60.Jakarta: Erlangga.
Prasetio, Ari. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. TIKI Cabang Semarang. Vol. 1. No. 1.Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti H. Aksa. 2011. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Galia Indonesia.
Rizky , Rochyan Ridlo Rien etc. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen PT. Graha Service Indonesia Cabang Semarang). Vol. 2. No.2. Semarang: Universitas Pandanaran.
Setyaningsih, Budiyarti Eko. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Pesawat Terbang di Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Shadiqqin. 2004. Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV.Alfabeta
Sunyoto, Danang dan Fathonah Eka Susanti. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa (Merencanakan, Mengelola dan Membidik Pasar Jasa). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono,Fandy dan Chandra. 2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Triaman, Ludi etc. 2017. Pengaruh Variabel Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Honda AHASS 1464 Waru Agung Motor II Sidoarjo. Vol. 3. Issue 3. Surabaya: Universitas Bhayangkara Surabaya.
Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah UniversitasLampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F16195
Refbacks
- There are currently no refbacks.