Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian

Fitri Lian Saputri, Pujiati Pujiati, Rahmah Dianti Putri

Abstract


This study aims to determine the influence of price, brand image, product quality, service quality, and promotion of customers purchasing decisions at PT. Indofurn Panels Bandar Lampung. The method used in this research is descriptive verification method with ex post facto and survey approach. The data collecting technique was used in this research by distributing questionnaire to the 73 customers PT. Indofurn Panels Bandar Lampung. Based on the data analysis, it was obtained that Fhitung 20,010 > Ftabel 2,35 indicated by multiple regression with coefficient of determination equal to (r2) 0,554 which means that customers purchasing decision was influenced by price variable, brand image, product quality, service quality and promotion of 59,9% and the rest of 40,1% was influenced by other factors which were not examined in this study.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Panel Indofurn Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuisioner kepada 73 konsumen PT. Panel Indofurn Bandar Lampung. Berdasarkan analisis data di peroleh Fhitung 20,010 > Ftabel 2,35 yang ditunjukkan dengan regresi multiple dengan koefisien determinasi sebesar (r2) 0,554 yang berarti keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh variabel harga, citra merek (brand image), kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi sebesar 59,9% dan sisanya sebesar 40,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata kunci : harga, citra merek, kualitas produk, kualitas pelayanan, promosi dan keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Abdurachman. 2004. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Surabaya: Liberty.

Heryanto, Imam. 2015. Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Bandung: STIE Pasundan Bandung. (www.doaj.org) diakses pada tanggal 5 Desember 2017

Jackson. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Kadek. 2016. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Travel Agent Airasia Go. Bali: Universitas Udayana.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi 9 Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi ke Dua Belas Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Mowen, John C dan Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi Kelima (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Rangkuty, Freddy. 2002. The Power of Brand, Teknik Mengelolah Brand Equity dan Strategi Perluasan Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rizan, Mohammad. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pemebelian (Studi Banding Konsumen Indomie dan Mie Sedap). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. (www.doaj.org) diakses pada tanggal 16 Januari 2018.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran, Edisi ke 2. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta. CV. Andi Offset.

Yamit, Ahmad. 2004. Kuaitas layanan. Jilid 2. Edisi Pertama. Cetakan kedua.Jakarta: Erlangga.

Yusuf, Mohammad. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar). Blitar: STIE Blitar.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F16193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.