Studi Perbandingan Model Pembelajaran TTW dan CO-OP CO-OP Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar
Abstract
The research have purpose to knowing comparison student learning activity among students that used model learning type Think Talk Write and students that used model type Co-op Co-op in class VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung. The method from this research is experiment cast method with approach comparative. Population in this research is students in class VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung, totally 292 students and sample that used are 58 half-and-half class: class VII F anf VII J that depended through cluster random sampling technic with accumulation data used observasion sheet, data that accumulat analyzed with t-test two sample independent. Analize result showed that there is comparison students learning activity that the process used study process kooperative type Think Talk Write (TTW) and type Co-op Co-op students class VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan aktivitas belajar siswa antara siswa yang menggunakan model permbelajaran tipe Think Talk Write dan siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Co-op Co-op siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung, sebanyak 292 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 58 yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VII F dan VII J yang ditentukan melalui teknik cluster random sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan t-test dua sampel independent. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan tipe Co-op Co-op pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung.
Kata Kunci: aktivitas belajar, co-op co-op, think talk write
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motiivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali.
Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tantang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta : Depdiknas.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2008. Metode Diskusi. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudjarwo dan Basrowi. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. Bandung: Mandar Maju.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15684
Refbacks
- There are currently no refbacks.