Perbandingan Soft Skill Model Pembelajaran Problem Terbuka, Probing Promting Mata Pelajaran IPS

Yulia Alfatina, Tedi Rusman, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this research is to know the difference of Soft Skill and Effectivity between learning model using Open Ended and Probing Promting. The method used in this study is a comparative method with an experimental approach. Technique of taking data with observation. Hypothesis testing uses two independent sample t-test. The result of data analysis shows (1) There is difference of mean Soft skill between students whose learning using Open Ended type cooperative learning model with students using cooperative learning model of Probing Promting type on Integrated IPS subjects. Differences Soft student skills can occur due to the use of different learning models for the experimental class and control class (2) Learning Probing Promting Model More effective than the Open Ended model in improving Soft Skill Students in class VII  SMP Negeri 14 Bandar Lampung.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan Soft Skill serta Efektivitas antara model pembelajaran menggunakan Open Ended dan Probing Promting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan data dengan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Terdapat perbedaan rata-rata Soft skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Open Ended  dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Probing Promting pada mata pelajaran IPS Terpadu. Perbedaan Soft skill siswa dapat terjadi karena adanya penggunaan model pembelajaran yang berbeda untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) Model Pembelajaran Probing Promting Lebih efektif dari pada model Open Ended dalam meningkatkan Soft Skill Siswa di kelas VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung.

 

Kata kunci: soft skill, problem terbuka, probing promting.


Full Text:

PDF

References


Elfindri, et al. 2010.Soft Skills untuk Pendidik. t.k.: Baduose Media.

Hartika, Yeni. 2016. Perbandingan Soft Skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Tipe Jigsaw II, Team Assisted Individualization dan Tari Bambu Pada Mata pelajaran IPS Terpadu. Skripsi. Universitas Lampung

Persada.Rusman, Teddy. 2013. Modul Statistik Ekonomi. Bandarlampung.

Riyanto, Yatim. 2010. “Paradigma Baru Pembalajaran”: Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana prenada media grup.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suherman, dkk. 2001. StrategiPembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.