Perbandingan Soft Skill Siswa dengan Menggunakan Model Jigsaw II dan CIRC
Abstract
This study aims to find out to compare the soft skills of students using jigsaw II and CIRC learning models in students of class VIII SMP Negeri 20 Bandar lampung academic year 2017/2018. The method used is quasi experiment with comparative approach. Technique of collecting data is through observation. The subjects of the study are students of class VIII SMP. The population in this study amounted to 350 people. The sampling technique in this research is cluster random sampling. Hypothesis testing uses two way analysis of variance and two independent sample t-test. The results showed that there is a difference of soft skill of the students using jigsaw II and CIRC learning model on the students of class VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung academic year 2017/2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk membandingkan soft skill siswa menggunakan model pembelajaran jigsaw II dan CIRC pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 350 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian dua jalan dan t-test dua sample independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan soft skill siswa menggunakan model pembelajaran jigsaw II dan CIRC pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar lampung Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci: CIRC, jigsaw II, soft skill
Full Text:
PDFReferences
Elfindri, et al. 2011. Soft Skill untuk Pendidik. Yogyakarta : Baduose Media.
Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Kaipa, P & Milus, T. 2005. Soft Skill are Smart Skills (online),(http://www.kaipagroup.com diakses pada hari senin Tanggal 4 Desember 2017 Pukul 10.00 WIB)
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta :Sinar grafika
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta : Kharisma Putra Utama
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15627
Refbacks
- There are currently no refbacks.