Hubungan Persepsi Tentang Kepemimpinan, Lingkungan dan Masa Kerja Dengan Disiplin Kerja Guru

Tri Oktaviani Anensa, Nurdin Nurdin, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this research is to find out the correlation between teacher perpectionabout principal leadership, work environment and work period of teacher with teacher work discipline. This research uses descriptive verificative with ex postfacto approach and survey. This research is verificative to determine level of relationship variabels in one condition. Survey approach is an approach used to obtain data from a particular place that is natural (not artificial), but researchers do treatment in data collection for example by distributing questionnaires, tests, and structured interview. Data collection was done by distributing questionnaires to 44 teachers. The data collected through questionnaire is processed with SPSS program. Based on the data analysis, it is found that there is a relationship of principal leadership, work environment and work period of teacher with teacher work discipline.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja guru dan masa kerja guru dengan disiplin kerja guru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex postfacto dan survey. Penelitian ini merupakan verifikatif yaitu untuk menentukan tingkat hubungan variabel-variabel dalam satu kondisi. Pendekatan survey adalah pendekatan yang digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data misalnya dengan mengedarkan kuesioner, test, dan wawancara terstruktur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket kepada 44 Guru. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada hubungan kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja guru dan masa kerja guru dengan disiplin kerja guru.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja guru, masa kerja guru, disiplin kerja guru.


Full Text:

PDF

References


Alex S. Nitisemito. 2000. Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. Ed. 3. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta:Rineka Cipta.

Danim, Suwarda. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah. Bumi Aksara. Jakarta.

Handoko. T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi II. BPFE Yogyakarta: Yogyakarta.

Hadari Nawawi. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Kreitner, R. and Kinicki, A. 2004. Organizational Behavior. Fifth Edition. McGraw Hill. New York.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan

KuantitatifKualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan

Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.