Penggunaan Teknik IF-AT dalam Penerapan Model Pembelajaran NHT Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa
Abstract
The purpose of this research is to determine the influence and effectiveness of IF-AT assessment techniques on of student understanding through NHT type learning model. The research method used is descriptive verification method with ex post facto approach. The population of this research amounted to 114 students with a sample of 30 students (1 class). Samples were taken using Purposive Sample. Testing data hypothesis using Simple Linear Regression and T-Test Independent Samples.Result of Research: There is influence of IF-AT assessment technique toward student understanding level using NHT type cooperative learning model with coefficient of determination (r ^ 2) 0,247 or 24,7%.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas teknik penilaian IF-AT terhadap tingkat pemahaman siswa melalui model pembelajaran tipe NHT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 114 siswa dengan sampel sebanyak 30 siswa (1 kelas). Sampel diambil dengan menggunakan Purposive Sample. Pengujian hipotesis data menggunakan Regresi Linier Sederhana dan T – Test Sampel Independen. Hasil Penelitian: Ada pengaruh penggunaan teknik asesmen IF-AT terhadap tingkat pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan koefisien determinasi (r ^ 2) 0,247 atau 24,7% .
Kata kunci : IF-AT, NHT, tingkat pemahaman siswa
Full Text:
PDFReferences
Anas Sudijono.2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Anita Lie. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Epstein Educational Enterprises. 2001. What Is The IF-AT. Dari www.epsteineducation.com/home/about/default.aspx. Diakses pada 20 Oktober 2017
Oemar Hamalik. 2002: Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Pramono, Sofian. 2013. Efektivitas Penggunaan Rubrik Asesmen IF-AT (Immediate Feedback Assessment Technique) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Hukum Archimedes . Dalam Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika. Volume 11, No. 2.
Pertiwi, Henitya. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknik Asesmen If-At (Immediate Feedback Assessment Technique) Terhadap Prestasi Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi. Volume 12 No 2
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wina Sanjaya. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan KTSP,Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15611
Refbacks
- There are currently no refbacks.