Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada Bimbingan Belajar
Abstract
This study aims to determine how much influence the variable quality dimensions service delivery, to the satisfaction of learners at the institute guidance bahana science city of Bandar Lampung either partially or simultaneously. This research method is descriptive research method verifikatif with ex post facto and survey approach. The population in this study as many as 120 students and samples used by 92 consumers is determined through probability sample technique with data collection methods using proportional sampling. The collected data was processed by linear regression analysis and multiple regression analysis. The result of the analysis shows that there is influence of dimension of service quality to the satisfaction of learners at the institution of Bandar Lampung urban science material guidance.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Dimensi Kualitas Pelayana Jasa, terhadap Kepuasan Peserta Didik pada Lembaga Bimbingan Bahana Ilmu Kota Bandar Lampung baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 120 mahasiswa dan sampel yang digunakan sebanyak 92 konsumen ditentukan melalui teknik probability sample dengan metode pengumpulan data menggunakan proportional sampling. Data yang terkumpul diolah dengan analisis regresi linear dan analisis regresi multipel. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh Dimensi Kualitas Pelayana Jasa terhadap Kepuasan Peserta Didik pada Lembaga Bimbingan Bahan Ilmu Kota Bandar Lampung.
Kata Kunci: dimensi kualitas pelayana jasa,,kepuasan peserta didik
Full Text:
PDFReferences
Budiarti, Yesi. 2007. Pengaruh Kualitas Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perguruan Tinggi AMIK DIAN CENDIKIA (DCC)
Lampung Kampus Pringsewu Kabupaten Tanggamus Tahun 2007.
(Skripsi).Universitas Lampung.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.
Nawawi, 2003. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat
Nofitasari, Desi. 2010. Pengaruh Persepsi Konsumen TentangHarga Jual Produk
Dan Kualitas Pelayanan terhadap KepuasanKonsumen Pada Koperasi
Novadila, Heppy. 2006. Analisis Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Kualitas Jasa Pendidikan pada Lembaga Pendidikan Primagama Cabang Pahoman Bandar Lampung Tahun Akademik 2005/2006. (Skripsi). Universitas Lampung.
MahasiswaUniversitas Lampung 2010. (Skripsi). Universitas Lampung.
Sisuwono Dani. 2004. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Tiga Berlian Auto Finance di Jakarta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15516
Refbacks
- There are currently no refbacks.