Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran TAPPS Dan Make A Match

Rizki Destria, Nurdin Nurdin, Rahmah Dianti Putri

Abstract


The purpose of this study is to know about Comparison of  Economic Learning Results by Using Learning Model Thinking Aloud Pair Problem Solving and Make A Match by Considering Student Learning Interest of Class X SMA Muhammadiyah Gadingrejo Lesson Year 2017/2018. The population in this study amounted to 73 students. The sample is 48 students. The method used in this research is comparative with experimental approach. Data analysis using Two Way Anova and T-test then processed with SPSS. The results of this study indicate that there is a significant difference in the students' economic learning outcomes using the learning model of Thinking Aloud Pair Problem Solving compared with the learning students using the Make A Match learning model, with the Fcount coefficient of 4.874 and Ftable 4.13.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dan  Make A Match dengan Mempertimbangkan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Gadingrejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 73 siswa. Sampel yang diperoleh adalah 48 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  komparatif dengan pendekatan eksperimen. Analisis data menggunakan Two Way Anova dan T-test kemudian diolah dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Make A Match, dengan koefisien Fhitung sebesar 4,874 dan Ftabel  4,13.

Kata kunci : hasil belajar, make a match, minat belajar, thinking aloud pair problem solving


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, Cetakan 9). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aunurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Barkley, Elizabert, et al, 2012, Collaborative Learning Techniques: Teknik–Teknik Pembelajaran Kolaboratif, Bandung : Nusamedia.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif (Edisi Revisi,Cetakan 2). Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiono. 2010. Statistika untuk Penelitian (Edisi Revisi,Cetakan 16). Jakarta: Alfabeta.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Raja Grafindo Persada, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.