Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dan Group Investigasion (GI)

Yuni Riyanti, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


The purpose of this research is to know the difference of students' critical thinking ability. The method used in this research is comparative method with experimental approach. The population in this study is all students of grad VIII, amounting to 390 Students with a total sample of 60 students. This sampliy technique is Cluster Random Sampling. Technique of taking data with Test of Critical thinking ability, Observation, and Interview. Hypothesis testing using T-test formula two independent samples. The result of data analysis show There is difference of critical thinking ability of student whose learning using problem solving model compared to Group Investigation model.

 

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 390 Siswa dengan jumlah Sampel sebanyak 60 siswa. Teknik sampling penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan Tes Kemampuan berpikir kritis, Observasi, dan Wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan rumus T-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dibandingkan dengan model pembelajaran tipe Group Investigation.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Solving, Group Investigation


Full Text:

PDF

References


Bahri Djamarah, Syaiful. 2006. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinar. 2013. Belajar Cepat: Canggih, Enak, Praktis, Asyik, Top. Bandung: Kaifa

Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar,. Jakarta: Rineka Cipta.

Filsaime, D. K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi

Fisher. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga Jogiyanto. 2008.Metodologi Penelitian Sistem Informasi. CV Andi Offset.Yogyakarta.

Muzamiroh, L Mida. 2013. KupasTuntas Kurikulum 2013. Jakarta : Kata Pena.

Nasution. 2008. “Perencanaan dan Pengendalian Produksi”. Yogyakarta: Graha Ilmu. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi Ilmu Pengetahuan Sosial.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran.Bandung : Seri manajemen Sekolah bermutu

Sanjaya,.2010.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Siregar. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: KENCANA.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SinarBaru

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi.2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Sumarni.2012.Metode Pembelajaran di Berbasis Masalah. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar

Sumiati, Asra.2008.Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Sutirman,2013. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif Progresif Surabaya :Kencana. Prenada Media Group.

Tukiran Taniredja, Efi Miftah Faridli dan Sri Harmianto. 2012. Model-

Model.Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Warsono, Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori Dan Asesmen.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.