Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Penjualan dan Kepuasan Konsumen terhadap Volume Penjualan

Yuyun Lestari, Tedi Rusman, Nurdin Nurdin

Abstract


The purpose of this study to determine the Influence of Service Quality and Sales Promotion of Sales Volume through Consumer Satisfaction at Kotabumi Railway Station 2017. Population in this study as many as 1746 respondents. The sample is 95 respondents. which is determined by probablility sampling technique using simple random. Data collection was done by using unit analysis questionnaire by using Linear Regression and Path Analysis. The subject of research is the railway consumer at Kotabumi Railway Station. The research method used in this research is descriptive verification method with ex post facto and survey approach. The results showed that there is influence of service quality, sales promotion and customer satisfaction on sales volume either directly or indirectly.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan terhadap Volume Penjualan melalui Kepuasan Konsumen pada Stasiun Kereta Api Kotabumi 2017. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.746 responden. Sampel yang diperoleh adalah 95 responden. yang ditentukan dengan teknik probablilitas sampling dengan menggunakan simple random. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner unit analisis dengan menggunakan Regresi Linier dan Path Analysis. Subjek penelitian yaitu konsumen kereta api pada Stasiun Kereta Api Kotabumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan, promosi penjualan dan kepuasan konsumen terhadap volume penjualan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kata kunci : kepuasan konsumen, kualitas pelayanan, promosi penjualan, dan volume penjualan.


Full Text:

PDF

References


Abdurachman. 2004. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Surabaya: Liberty.

Basu Swastha DH. 2004. Azas-azas Marketing. Yogyakarta. Liberty.

Fandy Tjiptono. 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian). Jakarta: Erlangga.

Majid, SA. 2009. Costumer Service dalam Bisnis Transportasi. Jakarta. Rajawali Pers.

Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka

Sudarmanto. 2005. Analis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Bandar Lampung:

Sutedja, Wira. (2007). Panduan Layanan Konsumen. Jakarta: PT. Grasindo, Anggota IKAPI.

Wyckof. 2007. Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Yamit , Ahmad. 2004. Kuaitas layanan. Jilid 2. Edisi Pertama. Cetakan kedua. Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.