Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi Dan Word Of Mouth Communication Terhadap Minat Beli Pada Home Industri
Abstract
Preliminary research conducted in Home Industry known that consumer buying interest is low, The purpose of this research is to obtain data and know the positive effect of product quality, location and communication word of mouth to the interest. The population of this study is the consumer Sampling technique is non probability sampling using Slovin formula obtained by 55 consumers, The method used is descriptive verifikatif by using approach of ex-posy and survey. The results of this study indicate that, there is influence of product quality, product quality, location and communication word of mouth to consumer buying interest in Home Industry. Based on data analysis obtained Fcount 97.874> Ftabel 2.79 indicated by multiple linear regression with coefficient of determination (r2) 0.852 which means that consumer purchasing decisions are influenced by product quality, communication and word of mouth of 85.2% 14, 8% influenced by other factors.
Penelitian pendahuluan yang dilakukan di Home Industri ini diketahui bahwa minat beli konsumen tergolong rendah, Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan mengetahui pengaruh positif kualitas produk , lokasi dan word of mouth communication terhadap minat. Populasi penelitian ini adalah konsumen Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan menggunakan rumus Slovin didapat sebanyak 55 konsumen, Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan ex-posy dan survey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ada pengaruh kualitas produk, kualitas produk , lokasi dan word of mouth communication terhadap minat beli konsumen pada Home Industri. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 97,874 > Ftabel 2,79 yang ditunjukkan dengan regresi linier multiple dengan koefisien determinasi (r2) 0,852 yang berarti keputusam pembelian konsumen dipengaruhi oleh variabel kualitas produk, lokasi dan word of mouth communication sebesar 85,2% sisanya 14,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: Kualitas produk, lokasi dan word of mouth communication.
Full Text:
PDFReferences
Ali Oetomo Rahardian.2012. Analisis Pengaruh Keragaman Menu, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Restoran Waroeng Taman Singosari Semarang). Jurnal EMBA. Universitas Diponegoro
Amstrong, dan Kotler. (2003). Dasar-dasar Pemasara. Jilid 1, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta.
Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta.: Rineka Cipta.
Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Benazir Kumala Oktaviantika. 2012. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat beli Konsumen Pada Tune Hotel Kuta-Bali. Jurnal. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Administrasi Niaga, Universitas Indonesia.
Bilson, Simamora. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Edisi Pertama. Jakarta: PT.Gramedia Puka Utama.
Ferdinand, Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi. CV. Indopront : Semarang.
Kotler P. (1999). Manajemen pemasaran di Indonesia. Edisi 1. Jakarta : Salemba empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Murshid, M. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara..
Malhotra, N.K. 2004. Marketing Research: An Applied Orientation, 4thEdition. New Jersey: Pearson Education Inc.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mowen, John C dan Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi Kelima (terjemahan). Jakarta: Erlangga
Sudjarwo. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. Jakarta: CV. Mandar Maju.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS.Yogyakarta: ANDI
Gujarati, Damodar. 1997. Ekonometrika Dasar. Alih Bahasa Sumarno Zain.Erlangga : Jakarta
Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Rusman, Teddy. 2012. Aplikasi Statistik Penelitian Dengan SPSS. Bandar Lampung.
Riduwan. 2005. Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta. Bandung.
Sudarmanto. 2005. Analis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Bandar Lampung: Graha Ilmu.
Sudjana.2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Universitas Lampung. 2012. Pedoman Penelitian Karya Ilmiah
Unila. Bandar Lampung
Universitas Lampung. 2010. Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung. Bandar Lampung
William J. Stanton dkk. 2004. Management Pemasaran Modern. Jakarta: PT. Grasindo Persada.
Zeithaml, Valarie A dan Mary Jo Bitner. 2000. Service Marketing. Singapore: Mc Graw-Hill Companies Inc.: 3-287.
Sumber Internet
Http://bisnisukm.com/potensi-industri-mebel-jepara.html
Htpp://junaidichaniago.wordpress.com
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F15064
Refbacks
- There are currently no refbacks.