Pengaruh Persepsi Metode Guru, Aktivitas terhadap Prestasi Belajar IPS Memperhatikan Kecerdasan Intrapersonal

Nadya Fauza Fitri, Nurdin Nurdin, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this study to determine the effect of students on teaching methods teacher, and learning activities on learning achievement ips integrated with students intrapersonal intellegence lessons. This research uses descriptive verification research design with ec post facto approach and survey. This study is a verifikatif that is to determine the level of influence of variabels in one condition. Survey approach is an approach used to obtain data from a particullar place that is natural (not artifical), but researchers do the treatment in collecting data for example by distributing questionnaire, test, and structured interviews. Data collection was done by spreading the questionnaire to 60 students consisting of 4 classes. The data collected throught questionnaire is processed by SPSS program. Based on the data analysis, it is found that there is influence of students' perception about teacher teaching method, and learning acrivity on ips intehrated learning achievement by observibg students intrapersonal intellegence.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajat guru, dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ips terpadu dengan memperhatikan kecerdasan intrapersonal siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Penelitia ini merupakan verifikatif yaitu untuk menentukan tingkat pengaruh variabel-variabel dalam suatu kondisi. Pendekatan survey adalah pendekatan yang digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan), tetapi peneliti melakukan perlakuan dalam pengumpulan data misalnya dengn mengedarkan kuesioner, test, dan wawancara terstruktur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket kepada 60 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ips terpadu dengan memperhatikan kecerdasan intrapersonal siswa.

Kata kunci: prestasi belajar, aktivitas belajar, kecerdasan intrapersonal, persepsi siswa, metode mengajar guru.


Full Text:

PDF

References


Djali. 2008, dasar-dasar pembelajaran. Yogyakarta: BPFE yogyakarta.

Daryono. 2003.belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP press.

Elmubarok, zain. 2008. Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT remaja rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikilum dan pembelajatan. Jakarta: sinar grafika.

Isjoni. 2007. Pengelolaan pengajaran. Jakarta: PT rineka cipta.

Mareta, fitri. 2015. Efektifitas pembelajran tipe TST untuk meningkatka kecerdasan intrapersonal siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII SMPN 7 Bandar Lampung. Skripsi. Bandar lampung. Universitas Lampung.

Sinulingga, BR. 2015 pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar pelajaran sejqrah SMA yadika bandar lampunh. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas lampung.

Syah. 2004. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: rineka cipta.

Yusuf. 2007. Landasan psikologi. Erlangga. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F14852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.