Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa, Store Atmosphere, Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
The purpose of this study are to determine Effect of Consumer Perceptions on Service Quality, Store Atmosphere and Word of Mouth Communication to Buy Consumer and against Consumer Buying Bakso Mas Yon. The population in this study as many as 1400 people, sampling of 93 respondents. The method in this research is descriptive verification method with ex-post-facto approach and survey. The data using questionnaires. Data analysis using Path Analysis and processed with SPSS. The results of this study indicate that there is influence between Consumer Perceptions of Service Quality, Store Atmosphere and Word of Mouth Communication to Buy Consumer and against Consumer Buying Bakso Mas Yon Bandar Lampung. With a determination level of 0,749 to against Consumer Buying and 0,79 to buying decision.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Konsumen tentang Kualitas Pelayanan Jasa, Store Atmosphere dan Word of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli Konsumen Bakso Mas Yon. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.400 orang, pengambilan sampel sebanyak 93 responden. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex-post-facto dan survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Path Analysis dan diolah dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Persepsi Konsumen tentang Kualitas Pelayanan Jasa, Store Atmosphere dan Word of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli Konsumen Bakso Mas Yon Bandar Lampung. Dengan kadar determinasi sebesar 0,749 terhadap minat beli dan 0,79 terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: persepsi konsumen tentang kualitas pelayanan jasa, store atmosphere, word of mouth communication, minat beli konsumen dan keputusan pembelianFull Text:
PDFReferences
Asih Tri Hidayati. 2013. Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli dan keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal. Fakultas Ilmu Administrasi, Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Islam Negeri Malang.
Kolter, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.
Maharani Arina. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Warung Bakso Sari Gurih Pak Ratno. Jurnal. Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Boga, Universitas Negeri Yogyakarta.
Mowen, John C dan Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi Kelima (terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Nazir, Muhammad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesa.
Nugroho J. Setiadi. 2015. Periaku Konsumen. Edisi Keenam. Jakarta: Kencana
Nur NA Amalina. 2015. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rocket Chicken Sukorejo Kendal). Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen, Universitas Diponegoro.
Ramadhan Fitri S. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Word of Mouth Communication terhadap Minat Beli Konsumen Pada CV. Cahaya Jati Sukarame Bandar Lampung. Jurnal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Lampung.
Ramadhona Primarta. 2016. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Waroeng Steak And Shake Kedaton. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen, Universitas Lampung.
Saputri Lisa. 2017. Pengaruh Persepsi Konsumen tentang Kualitas Produk, Harga, Kepercayaan dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen di Oneshop Bandar Lampung. Jurnal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Lampung.
Schiffman, L.G dan Kanuk Lesley L .2007. Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2006. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset
Ulil Mufti Azmi. 2013. Pengaruh Word of Mouth Communication terhadap Keputusan Santri Memilih Pesantren. Jurnal. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F14819
Refbacks
- There are currently no refbacks.