Cover Image

Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan dan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Rumah

Abdur Rahman Haris, Nurdin Nurdin, Albet Maydiantoro

Abstract


The purpose of this research is to obtain data and to know the influence of price, location, building quality and environment to decision of house purchase in Bukit Barisan II Housing Pesawaran. The population of this study is all home buyers in Bukit Barisan II housing Pesawaran amounted to 105. Sampling technique is Sampling Proportional Methode using Slovin formula obtained as many as 83 respondents. The method used is descriptive verification by using ecpost facto approach and survey. The results showed that there is simultaneous influence price, location, quality of buildings and environment terhadapa decision purchase home in Bukit Barisan II housing Pesawaran. Based on the analysis obtained Fcount 13.472> Ftabel 2.49 which is shown by multiple linear regression with coefficient of determination (r2) 0,409 which means that consumer purchase decision influenced by price variable, location, building quality and environment equal to 40,9% and 59,1% influenced by another factor.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan mengetahui pengaruh harga, lokasi, kualitas bangunan dan lingkungan terhadap keputusan pembelian rumah di Perumahan Bukit Barisan II Pesawaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh pembeli rumah di Perumahan Bukit Barisan II Pesawaran yang berjumlah 105. Teknik pengambilan sampling yaitu Sampling Proportional Methode dengan menggunakan rumus Slovin didapat sebanyak 83 responden. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan ecpost facto dan survey. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh secara simultan harga,lokasi, kualitas bangunan dan lingkungan terhadapa keputusan pembelian rumah di Perumahan Bukit Barisan II Pesawaran. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung 13,472 > Ftabel 2,49 yang ditunjukan dengan regresi linier multiple dengan koefisien determinasi (r2) 0,409 yang berarti keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh variabel harga, lokasi, kualitas bangunan dan lingkungan sebesar 40,9 % dan 59,1 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: harga, keputusan pembelian, kualitas bangunan, lingkungan, lokasi


Full Text:

PDF

References


Effendi. 2006. Analisa Lima Faktor Terhadap Pembelian Rumah Sederhana dan Sangat Sederhana. Skripsi.Jakarta. Universitas Negeri jakarta.

Eri , Susanti, 2003, Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Keramik Milan Di Surabaya. Skripsi. Surabaya. Fakultas Ekonomi Unika Widya Mandala Surabaya.

Kanuk.2008. Prilaku Konsumen, Edisi 7. Jakarta

Kotler dan Armstrong . 2001, Prinsip Prinsip Pemasaran . Erlangga. Jakarta.

Luhst. 1997. Real Estate Valuation. Principles Aplication, USA.

Mardela, Suci. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Laziza Bandar Lampung. Skripsi. Bandarlampung. Universitas lampung.

Primananda, Agustinus. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli Rumah. Skripsi . Semarang .Universitas Diponegoro.

Suryani.2008. Analisa Prilaku Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu. Jogjakarta.

Undang Undang No. 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Von Thnen, J.H. (1826) Negara yang terisolasi dalam kaitannya dengan pertanian dan ekonomi. Bagian 1. Hamburg: Friedrich Perthes.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F14794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.