Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Memperhatikan Motivasi Belajar

Marisya Wulandari, Tedi Rusman, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this research to know comparative studies of the economic study results with a model examples non examples and models jigsaw with regard to the motivation to study students in sma lampung the 1.This research using designcomparative research by approach experiment.The population in research is a whole graders x state sma lampung 1 and those 185 respondents determined by technique random sampling clusters.Data collection was carried out by using the method questionnaire completion and engineering tests. Data collected throughthe survey mixed with spss program.The analysis data shows that there are comparison of economic learning with a model examples non examples andmodels jigsaw with regard to the motivation to study students in sma lampung the1.

Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui studi perbandingan hasil belajar ekonomi dengan model examples non examples dan model jigsawdengan memperhatikan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Bandar Lampung.Penelitian ini menggunakan desainpenelitian komparatifdengan pendekatan eksperimen.Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1Bandar Lampung dan sampel 185 responden yang ditentukan dengan teknikcluster random sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengisian kuesioner dan teknik tes. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan program SPSS.Hasil analisis data menunjukkan bahwaadaperbandingan hasil belajar ekonomi dengan model examples non examples dan model jigsawdengan memperhatikan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Bandar Lampung.

Kata kunci: hasil belajar, model examples non examples, model jigsaw, dan motivasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, A.M. 2004. Inetaksidan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F14759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.