Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Akuntansi

Ardini Tyaswari, Tedi Rusman, Yon Rizal

Abstract


The purpose of this research is to know the relationship between the motivation to study and learning activity with the study results of accounting in state vocational schools 4 lampung. This research is using associative research with survey approach accounting of and questionraire. Population of the research is a class x accounting students and analyzed using spss program of state vocational schools 4 bandar lampung and the sample is 124 respondents determined by technique sample full of. The data collection was done using questionnaire. The data were collected through questionraire. The results of the analysis the data shows that there is a correlation between the motivation to study and learning activity to study results of class x state vocational schools 4 lampung.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar dengan hasil belajar akuntansi di SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian asosiatif dengan pendekatan survey dan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 4 Bandar Lampung dan sampel 124 responden yang ditentukan dengan teknik sampel penuh.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan program SPSS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi kelas X SMK Negeri 4 Bandar Lampung.

Kata kunci: motivasi, aktivitas, hasil belajar, akuntansi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Dimyati, Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Sardiman, A.M. 2004. InetaksidanMotivasiBelajarMengajar.Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada

Slameto. 2003. BelajardanFaktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F14122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.