Perbandingan Kualitas Soal Buatan Guru Akuntansi Antara Sekolah Terakreditasi A dan B

Apsari Yunita, Edy Purnomo, Tedi Rusman

Abstract


This research was conducted to find out the comparison of the quality of the itemcreated by teachers of Accounting Class between the Accreditation A andAccreditation B Private Vocational School quantitatively. This research methodwas expost facto. The population of this research was the item of final-term test inPrivate SMK in Tangerang City with sample used are 240 items from 6 schoolswith cluster area sampling technique. Technique of collecting data of this research is through documentation. Hypothesis testing used two independent sample t-tests. Based on the analysis of the data, it obtained the results (1) The quality of question reviewed from the level of difficulty, differentiation, validity, and reliability problems made by teachers of Accounting subject in School Accreditation A is not better than school with Accreditation B (2) The quality of questions reviewed from the effectiveness of the distractor created by the teachers of Accounting subject at schools with Accreditation A is better than school with accreditation B.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan kualitas soal buatan guru Akuntansi antara SMK Terakreditasi A dan Terakreditasi B secara kuantitatif. Metode penelitian ini yaitu expost facto. Populasi penelitian ini yaitu soal ujian akhir semester pada SMK Swasta di Tangerang dengan sampel yang digunakan sebanyak 240 soal dari 6 sekolah dengan teknik pengambilan sampel cluster area sampling. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan t-tes dua sampel independen. Berdasarkan analisis dan pengujian diperoleh hasil (1) Kualitas soal yang ditinjau dari tingkat kesukaran, daya beda, validitas, reliabilitas soal buatan guru Akuntansi SMK Terakreditasi A tidak lebih baik dari Terakreditasi B (2) Kualitas soal yang ditinjau dari efekivitas pengecoh soal buatan guru Akuntansi SMK Terakreditasi A lebih baik dari Terakreditasi B.

Kata kunci: akreditasi, akuntansi, soal, guru.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2011.Dasar-dasarEvaluasiPendidikan. Jakarta: BumiAksara

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Nana Syodih Sukmadinata. 2002. Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Priatna, Tedi. 2004. Reaktualisasi Paradigma Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Bany Quraisy

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 20005 tentang Standar Pendidikan Nasional

Purnomo, Edy. 2015. Buku Ajar Dasar- dasar dan Perancangan Evaluasi Pembelajaran

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Rusman, Tedi. 2014. Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatifdan R & D). Bandung: Alfabeta

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogjakarta : UNY Press

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sukardi. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F14119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.