Pengaruh Minat Belajar, Cara Belajar, Lingkungan Belajar, Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar
Abstract
The aims of this study was to find out the effect of students learning interest,students learning style, school learning environment and the parents attentiontoward the students achievement .The method used in this research wasdescriptive verivicatif with ex-post facto capital approach and survey. Thepopulation of this research was 417 students with the sample 204 students whichwere gotten by using random sampling technique. The data was collected by usingquestionnaire.The first, second, third and fourth hypothesis was tested by using T- Test formula while the fifth hypothesis was tested by using F-Test formula. Basedon the data analysis, it conclude that: there was the effect of students learninginterest, students learning style, school learning environment, and the parentsattention toward the results of learning IPS Terpadu students class VIII SMPNegeri 11 Bandar Lampung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa,cara belajar siswa, lingkungan belajar sekolah dan perhatian orang tua terhadaphasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifverifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi penelitian iniadalah 417 siswa dengan sampel 204 siswa yang diperoleh dengan menggunakanteknik sampling acak. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.Hipotesis pertama, kedua, ketiga dan keempat diuji dengan menggunakan rumusUji t sedangkan hipotesis kelima diuji dengan menggunakan rumus uji f. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan bahwa: Ada pengaruh minat belajarsiswa, cara belajar siswa, lingkungan belajar sekolah, dan perhatian orang tuaterhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 11 BandarLampung.
Kata kunci: cara belajar, hasil belajar, lingkungan belajar, minat belajar, perhatian orang tua
Full Text:
PDFReferences
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006.Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2004.Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik. 2003.Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara: Jakarta
M. Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13634
Refbacks
- There are currently no refbacks.