Pengaruh Persepsi Siswa tentang Iklim Sekolah, Motivasi terhadap Hasil Belajar melalui Aktivitas

Linda Kurniawati, I Komang Winatha, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this research was to know the effect of the students 'perceptions about the school situation and students motivation to the learning outcomes with regard students activity on student achievement class VIII SMP Negeri 1 Bumiratu Nuban. The method used in this research is descriptive research method approach verification ex post facto. The data collection was done by structuring interviews and spreading questionnaires to 64 students consisting of three classes. Data were collected through questionnaires processed with SPSS. Based on the result that there is influence between students 'perceptions about the school situation and students motivation to the learning outcomes with regard students activity of Grade VIII Integrated IPS SMP Negeri 1 Bumiratu Nuban in the academic year 2016/2017.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bumiratu Nuban. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terstuktur dan menyebar angket kepada 64 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada pengaruh antara persepsi siswa tentang iklim sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu melalui aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bumiratu Nuban Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: hasil belajar, iklim sekolah, motivasi, aktivitas


Full Text:

PDF

References


Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, H.2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S, B dan Aswan Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, S, B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: PT. Asdi mahasatya

Moedjiarto. 2002. Sekolah Unggul. Jakarta: Duta Graha Pustaka.

Nawawi, H,H. 2003, Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah

Nazir.M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indah.

Sapriya, dkk. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI PRESS.

Sarwono, S, W. 2006. Pengantar Ilmu Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.

Somantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung:Remaja Rosda Karya.

Sudjana. N. 2009. Metode Statistika. Bandung: Trasinto.

Supardi, dkk.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif:Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja

Thoha, M. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grasindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.