HASIL BELAJAR EKONOMI MODEL NHT DAN MAM DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP SISWA

Fitma Indrawan, Edy Purnomo, Erlina Rupaidah

Abstract


The aim of the research was to know the difference of result study, the interaction of using Numbered Heads Together learning model and Make a Match to observe students attitude. The research was done in ten class of Social Study in SMAN 1 Pagar Dewa with total population was 60 students and total of sample was 40 students. In this research, the method was used experiment method with comparative approach. The design was used treatment by level. The collected data was done by giving test and non-test. The analysis data was used analysis varian two way formula and t-test two independent samples. Based on the analysis data was gained that there were the difference between the result of Economy study in Numbered Heads Together and Make A Match, There were the interactions between using learning model and the students attitude at Economy study.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, interaksi penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Togethers dan Make a Match dengan memperhatikan sikap siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas kelas X IPS di SMA N Pagar Dewa dengan populasi yang berjumlah 60 siswa dan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. desain penelitian yang dugunakan adalah Tratment by level. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan test dan non tes. Analisis data menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sample independen. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar Ekonomi model Numbered Heads Together dengan Make a match, ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan sikap siswa terhadap mata pelajaran Ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta.Rineke Cipta.

Djamarah, Syaiful bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar mengajar. Jakarta.PT.Rineka Cipta

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. YogyakartaPustaka Belajar.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sagala, S. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Umum Belajar.PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Umum Belajar.PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.