Perbandingan Life Skills Menggunakan Model Talking Chips, Class Wide Peer Tutoring, Group Resume

Sylvia Imara Nurlaela, Edy Purnomo, Tedi Rusman

Abstract


The purpose of this research was to know the difference of life skills use of cooperative learning model of Talking Chips, Class Wide Peer Tutoring and Group Resume. The method used quasi experiment with comparative approach. The study design used post test only. The population this research was VII grade in SMP Negeri 1 Pesawaran and those sample from 3 classes using random Cluster Random Sampling. Data collection technique used observation. Hypothesis testing used one-way analysis of variance and countinu test t-Dunnet. Based on analysis of result data: 1. There is a difference life skills learning model Talking Chips, Class Wide Peer Tutoring and Group Resume, 2. Life skills learning model Talking Chips better than Class Wide Peer Tutoring, 3.Life skills Talking Chips learning model better than Group Resume and, 4.Life skills Class Wide Peer Tutoring learning model better than Group Resume.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan life skills penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips, Class Wide Peer Tutoring dan Group Resume. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan Only One Posttest. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pesawaran dan sampel sebanyak 3 kelas menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians satu jalan dan uji lanjut t-Dunnet. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: 1. Ada perbedaan life skills antara model pembelajaran Talking Chips, Class Wide Peer Tutoring dan Group Resume, 2. Life Skills yang model pembelajaran Talking Chips lebih baik dibandingkan Class Wide Peer Tutoring, 3. Life skills yang model pembelajaran Talking Chips lebih baik dibandingkan Group Resume dan, 4. Life skills yang model pembelajaran Class Wide Peer Tutoring lebih baik dibandingkan Group Resume.

Kata kunci: life skills, talking chips, class wide peer tutoring, group resume

Full Text:

PDF

References


Anwar. 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: CV Alvabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pola Pelaksanaan Pendidikan Berorientasi kecakapan Hidup Melalui BBE untuk PMU. TIM Broad Based Education (BBE) Ditjen Dikdasmen Jakarta.

Hasbullah. 2001. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Huda, Miftahul. 2015. Model- model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marsela, Yesi. 2016. Perbandingan Life Skills (Kecakapan Hidup) Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung: Skripsi.

Ramdhiani, Mia. 2014. Penerapan Model Pembelajaran CWPT dengan Menggunakan Permainan Jeopardy untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Energi dan Usaha (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas VIII-4 SMPN 49 Bandung). Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung: Skripsi.

Siregar, Eveline. Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kharisma Putra Utama.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar grafika: Jakarta.

Yuswan, Aninda. 2015. Study Perbandingan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips dan Make A Match dengan Memperhatikan Minat Belajar. Universitas Lampung: Skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.