Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan TGT Dan TSTS

Made Budi Iswara, I Komang Winata, Nurdin Nurdin

Abstract


The purposes of this study were to find out the difference of outcomes learn, and interaction in using type of TGT learning model and TSTS. The research method used in this research was quasi experimental method with comparative approach. This study used the t-Test exam, and Two Way Variants Analysis. Based on the data analysis obtained that there were differences of learning outcomes and interaction in using learning model type of TGT and TSTS in terms of students self-concept.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, dan interaksi penggunaan model pembelajaran tipe TGT dan TSTS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Penelitian ini menggunakan uji t-Test, dan Analisis Varians Dua Jalan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan hasil belajar ekonomi dan ada interaksi penggunaan model pembelajaran tipe TGT dan TSTS.

Kata kunci: ekonomi, hasil belajar, TGT, TSTS


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. dan Azwan Z. 2013. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik. Bandung: Nusamedia.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F13319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.